2.jpg

Pelatihan GIS dan Sertifikasi Profesi Geomatika Angkatan ke2
25 Juni 2012 - 5 Juli 2012     Institut Pertanian Yogyakarta Sleman

Geographic Informaion System (GIS) merupakan tools yang sangat penting dalam pengelolaan data dan informasi geospasial untuk menghasilkan data dan informasi akurat terkait dengan spasial, sehingga kemampuan dalam penguasaan tools ini mutlak bagi user yang bekerja dalam lingkup pengelolaan wilayah atau keruangan. GIS menjadi solusi bagi para pengelola sumber daya alam dalam analisa wilayah monitoring pemanfaat/tutupan lahan, dan penyajian informasi yang interaktif serta dapat update data setiap saat.

Dalam UU No 4 tahun 2011 tentang informasi geospasial pasal 55 yang menyebutkan bahwa penyelenggaraan informasi geospasial haruslah orang yang memiliki kompetensi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang. Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Profesi Geomatika merupakan sebuah kegiatan yang memberikan jawaban atas kompetensi yang harus dimiliki dan melatih menjadi tenaga profesional dan ahli di bidangnya.

Tropenbos International Indonesia Programme (TBI-Indonesia) bekerjasama dengan INSTIPER, LSP-RINO, ESRI Indonesia dan Exsol Innovindo menyelenggarakan Pelatihan GIS Tingkat Dasar dan Sertifikasi Profesi di Bidang Geomatika yang akan dilaksanakan di INSTIPER Yogyakarta, tanggal 25 Juni s/d 5 Juli 2012.

Materi pelatihan :

  1. Teori GIS dan penginderaan jauh
  2. Survey Terestris dan Praktek Input Data
  3. Teori ArcGIS dan Praktek ArcGIS, meliputi : Geodatabase, Proyeksi dan Registrasi, Metadata, Input Data Vektor/Raster, Labelling, Spasial Analys, Query dan Layouting
  4. Pengenalan Sertifikasi Profesi dan Uji Kompetensi

Peserta pelatihan ini diharapkan berasal dari Instansi Pemerintah, Perusahaan Perkebunan, HPH dan HPH-TI, NGO serta Konsultan.

Pendaftaran dibuka mulai Mei s/d 1 Juni 2012, informasi lebih lanjut hubungi kontak person:

 

  • Yuli Nugroho: 08131577143, email: ynugroho@tropenbos-indonesia.org
  • Kartika Surya: 02518638410, email: suryakartika@tropenbos-indonesia.org
  • Siman Suwadji: 0811258968, email: siman@instiper jogja.ac.id

 

 

Selengkapnya: Download Leaflet

 
 

Situs web REDD-Indonesia dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (FORDA) Kementerian Kehutanan Indonesia, dengan bantuan dari berbagai organisasi.
Hasil riset, proyek percontohan, artikel, analisa dan materi lain yang ditampilkan di sini merupakan pendapat kontributor dan tidak selalu mencerminkan pendapat resmi pengelola.