Pers

Hutan Harapan dan Masyarakat Kunangan Jaya Akhiri Konflik

Nomor : S. 38 /PHM-1/2016
 
JAMBI, 26 Januari 2016 - Setelah melalui proses mediasi oleh berbagai pihak, sebanyak 171 KK masyarakat Dusun Kunangan Jaya 1, Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari dan manajemen Hutan Harapan menandatangani kesepakatan pengelolaan kawasan hutan. Kesepakatan ini penting untuk mempertahankan Hutan Harapan dan menunjukkan bahwa hutan memberi manfaat bagi masyarakat. 
 
Kesepakatan ditandatangani di Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Selasa (26/1), oleh Presiden Direktur PT Restorasi Ekosistem Indonesia Effendy A Sumardja, sebagai pengelola Hutan Harapan, dan perwakilan 171 warga yang tergabung ke dalam kelompok Trimakno (Kelompok Trimakno merupakan salah satu bagian dari kelompok masyarakat pendatang yang telah melakukan aktivitas sosial dan ekonomi di dalam kawasan Hutan Harapan sejak 2005. Manajemen Hutan Harapan menyadari bahwa mengelola kawasan seluas 98.555 hektare kawasan restorasi ekosistem di Provinsi Jambi dan Sumsel tidak dapat dilakukan tanpa melibatkan masyarakat). 
 
Naskah kesepakatan diketahui oleh Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Hadi Daryanto, Direktur Usaha Jasa Lingkungan Hutan Produksi Hasil Hutan Bukan Kayu KLHK, Gatot Soebiantoro, dan Direktur Penanganan Konflik, Tenurial dan Hutan Adat KLHK, Eka Widodo Soegiri, pemerintah provinsi Jambi dan pihak-pihak terkait. Melalui kesepakatan ini diharapkan masyarakat akan sejahtera dan Hutan Harapan tetap terjaga sebagai kawasan restorasi ekosistem.