Panduan untuk Media

Panduan untuk Media

Peliputan tentang REDD+
'Peliputan tentang REDD+: sebuah panduan bagi jurnalis tentang peranan hutan dalam menghadapi perubahan iklim global’ adalah paket media yang bertujuan untuk memberikan gambaran keseluruhan kepada jurnalis tentang isu penting yang memancing perdebatan panas di kancah negosiasi perubahan iklim global. Buku singkat untuk media ini menjelaskan bagaimana mekanisme REDD bisa berjalan dan juga sebagian kontroversi yang ditimbulkannya.

 

REDD, Apakah itu?
Pembicaraan mengenai perubahan iklim sering menggunakan bahasa teknis dan ilmiah, yang bisa mengaburkan isu yang dibahas. ‘REDD, Apakah itu? Pedoman CIFOR tentang hutan, perubahan iklim dan REDD’ membantu wartawan, pembuat kebijakan, LSM dan warga lainnya untuk semakin memahami pentingnya hutan dalam menghadapi perubahan iklim. Buku ini juga menggarisbawahi isu-isu yang diidentifikasi penelitian CIFOR sebagai masalah penting dalam memastikan agenda iklim global berjalan dengan efektif, efisien, dan mempertimbangkan kepentingan semua pihak.

 

Politik REDD+ di Media
‘Politik REDD+ di Media: Sebuah Studi Kasus dari Indonesia’ menganalisa bagaimana perdebatan kebijakan seputar REDD+ dipaparkan kepada masyarakat Indonesia melalui media. Pemahaman kerangka berpikir yang berbeda-beda yang digunakan para aktor untuk mendefinisikan dan mempengaruhi pembicaraan mengenai kebijakan REDD+ dan bagaimana perdebatan ini muncul di media akan membantu mengidentifikasi pilihan kebijakan untuk memfasilitasi mekanisme REDD+.