Arsip Fokus REDD

Fokus REDD

Workshop Aplikasi Database dalam Mendukung Sistem Pemantauan Karbon Hutan Berkelanjutan

B2P2EHD (Samarinda, 9/11/2016)_Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) memfasilitasi kegiatan Workshop Aplikasi Database dalam Mendukung Sistem Pemantauan Karbon Hutan Berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) di Hotel Horison, Samarinda, 9-11 November 2016.

Workshop tersebut merupakan kegiatan memasukkan data hasil pembuatan dan pengukuran 159 Plot Sample Permanen yang telah dilakukan di 6 Kabupaten dengan melibatkan 12 Instansi terkait di Propinsi Kalimantan Timur.

Kepala B2P2EHD, Ir. Ahmad Saerozi, dalam sambutannya mengapresiasi tim yang melakukan pembuatan dan pengukuran Plot Sample Permanen tersebut. “Dengan dana yang tidak terlalu besar, kegiatan ini tidak hanya terlaksana tepat waktu tetapi juga menghasilkan data yang akurat sekaligus berkualitas,” kata Saerozi sekaligus membuka Workshop tersebut.

Saerozi menegaskan kalau data dan informasi yang akurat tersebut nanti akan dipakai oleh Pembuat Kebijakan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Dalam memasukan data harus fokus dan konsentrasi, karena ke depannya akan menjadi acuan untuk pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam membuat Kebijakan terkait penurunan emisi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Saerozi mengatakan bahwa untuk tetap mempertahankan keakuratan dan kualitas data yang diperoleh, kegiatan ini akan selalu dipantau dan dievaluasi secara simultan dan berkelanjutan.

“Setiap tahun akan dilakukan pengecekan dan pengukuran ulang terhadap plot-plot sample permanen tersebut dengan menggunakan metode random, apabila data yang dihasilkan menunjukkan peningkatan serapan karbon maka upaya kita telah berhasil. Sebaliknya apabila terjadi penurunan serapan berarti harus dilakukan beberapa kegiatan perbaikan, diantaranya adalah dengan restorasi hutan tersebut,” jelas Saerozi menutup pembicaraan.

Peserta workshop adalah tim yang melakukan kegiatan pembuatan dan pengukuran plot sample permanen di provinsi Kalimantan Timur. Workshop terdiri dari 2 sesi yaitu sesi seminar dan praktek entri data. Sesi seminar diisi presentasi tentang database karbon hutan di provinsi kalimantan timur oleh Dr. Fadjar Pambudhi, Dewan Daerah Perubahan Iklim Kalimantan Timur; dan database pemantauan karbon hutan FCPF oleh  Dony Wicaksono, S.Hut., MSc, peneliti P3SEKPI Bogor.***