Berita Kementerian Kehutanan

Menteri LHK Mencanangkan Restorasi Ekosistem Danau Toba

Biro Humas Kementerian LHK, (Tapanuli Utara, 01/08/2016)_Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Punguan Simbolon dohot Boruna Se-Indonesia (PSBI) dan pemerintah daerah Tapanuli Utara dan Tobasa, mencanangkan penanaman pohon sebagai usaha memperbaiki dan memulihkan kawasan Danau Toba.

Danau Toba sebagai salah satu dari 15 danau yang menjadi prioritas nasional untuk direstorasi, dipulihkan ekosistemnya. Potensi Danau Toba yang besar, sebagai pembangkit listrik; kawasan wisata alam; wisata budaya, ditimpali dengan rusaknya ekosistem di kawasan ini.

KLHK mengangap penting untuk memperhatikan kawasan ini, dan menyelamatkan kawasan-kawasan hutan kritis di daerah Tapanuli Utara.

“Atas sebuah prakarsa antara KHLK dan masyarakat, kami akan melakukan penanaman pohon. Sebagai awalnya kami akan mencoba memperbaiki kawasan Hutan Ginjang ini,”kata Siti Nurbaya, Menteri LHK.  

Disadari bahwa sampai akhir tahun ini KLHK berusaha akan melakukan penanaman 100.000 pohon di Tapanuli Utara.

“Wilayah Tapanuli Utara, kawasan ini memiliki sekitar 3 juta batang bibit pohon yang siap ditanam diberbagai tempat,”kata Menteri LHK dalam sambutannya.

Sehari setelah pencanangan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri LHK, bersama beberapa menteri lainnya, melakukan dialog secara langsung dengan perwakilan dari tiap puak masyarakat adat Batak.

Dialog tersebut merupakan sebuah langkah awal dari aksi bersama antara pemerintah dengan masyarakat adat untuk mulai melakukan restorasi kawasan Danau Toba, sehingga siap menjadi “Monaco of Asia”.

Kawasan Danau Toba, yang digadang-gadang pemerintah untuk menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata Indonesia, memang memiliki keindahan yang berkelas dunia. Kontur tanah berbukit membuat kawasan ini sejuk. Danau vulkanik ini juga dikelilingi oleh masyarakat yang memiliki kearifan lokal yang tinggi. Suku Batak yang berasal dari berbagai puak, tinggal dan tersebar mengelilingi kawasan Danau. ****PPID, KLHK.

 

Sumber berita:

http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/462

http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/463