Hasil Seminar, Workshop dan Pelatihan

Komunikasi Publik : Nationally Determined Contribution

11 Agustus 2016
Auditorium Gedung Manggala Wanabakti
Komunikasi Publik : Nationally Determined Contribution

Komunikasi Publik yang dilakukan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim di hadapan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya pada tanggal 11 Agustus 2016 di Auditorium  Manggala  Wanabakti, mendapatkan perhatian serius dari berbagai elemen masyarakat, pemerhati Lingkungan dalam sebuah diskusi roundtable yang sangat efektif dalam menggali tentang usaha Indonesia menuju NDC.

Ibu menteri mengungkapkan “Substansi perubahan iklim (NDC), sudah ada proses yang telah berjalan pada April lalu di New York. P R kita adalah harmonisasi dari substans, dan langkah -langkah perubahan iklim tsb salah satunya adalah ukuran dan target untuk INDC. Dokumen untuk INDC sudah disampaikan pada bulan September 2016 lalu. NDC, 29-41% dg state pada clarity, dan understanding. DIsusun berdasarkan proses dan dasar-dasar upaya bersama. Memang ada upaya INDC menjadi NDC, sebagaimana diatur dalam paris agreement. Harmonisasi dan berbagai catatan”

Banyak catatan – catatan penting pada round table ini, diungkap oleh Rachmat Witoelar, Sarwono Kusumaatmaja, Imam Prasodjo dan lain –lain.

Paparan yang dilakukan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim menjelaskan tentang hal hal tentang kesiapan Indonesia khususnya KLHK yang dimotori oleh ditjen PPI sebagai Nasional Focal Point akan NDC tersebut

“Usaha holistic dan partisipatif, karenanya para hadirin menyampaikan data yang paling realistis. Perlu diperiksa kembali, siapa tahu ada peluang-peluang. Data tersebut dapat diolah dengan tim-tim bersinergi. Masukan adalah sesuatu yang berharga. Lewat internet KLHK, sehingga masukan-masukan tidak terbatas” ungkap Rachmat Witolar.